BUAYA AIR ASIN


Buaya air asin (Crocodylus porosus) merupakan binatang terbesar di antara reptile lain. Seekor buaya air asin jantan dewasa rata-rata memiliki panjang 5 meter, dengan berat 500 kilogram. Sedangkan buaya air asin betina dewasa berukuran sepanjang 2,5 – 3 meter.

Binatang ini dapat hidup di tengah laut, muara-muara air payau, hinggansungai-sungai berair tawar di wilayah Asia Tenggara dan Australia bagian utara.
Menurut penelitian, buaya termasuk hewan yang cerdas. Reptile ini memiliki insting yang kuat terhadap bahaya. Buaya juga merupakan pemburu yang andal, karena selalu sukses dalam memangsa korbannya.

Buaya air asin menggunakan beberapa cara dalam memburu mangsa. Mula-mula binatang ini melakukan pengintaian dari dalam air atau tepi sungai, lalu menunggu sampai si mangsa dekat dengannya, baru kemudian menyergap dan menarik mangsa itu ke dalam air hingga mati tenggelam.

FAKTA MENARIK:
·        Seekor bayi buaya yang ingin menetas menggunakan gigi atas untuk memecahkan dinding telur.
·        Jenis kelamin bayi buaya tergantungpada suhu telur. Bayi buaya betina berkembang di dalam telur yang panas, sedangkan bayi buaya jantan berkembang di dalam telur yang dingin.
·        Buaya dan alligator dua jenis binatang yang berbeda. Perbedaan ini bias dilihat dari bentuk moncong dan gigi.

0 komentar:

Post a Comment