KATAK


Katak merupakan amfibi yang paling tangkas. Hewan ini dapat melompat dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah. Binatang yang sebagian hidupnya dihabiskan di air ini memiliki kaki berselaput, kaki belakang yang panjang, dan kulit yang halus.

Terdapat lebih dari 5000 jenis katak di dunia. Mereka tergabung dalam ordo Anura, yang terbagi menjadi 33 keluarga. Beberapa jenis katak di antaranya katak banteng (Rana catesbeiana), katak macam tutul (Rana pipiens), katak pohon abu-abu (Hyla versicolor), dan katak panah beracun (Dendrobates pumilio).
Di masa kawin, katak-katak jantan sering mengeluarkan suara atau nyanyian untuk memikat katak betina. Suara inidihasilkan oleh kantung suara yang terletak di sekitar lehernya. Uniknya, setiap jenis katak memiliki karakteristik suara atau panggilan yang berbeda.

Saat melompot, katak menumpukkan seluruh gerakannya di kaki belakang. Katak melompat dengan mata tertutup. Dan ketika mendarat, tubuhnya melengkung dan kaki depan bertindak sebagai rem.

Katak sering di sebut bangkong, padahal katak dan bangkong (keluarga Bufonidae)  tidak sama meskipun serupa. Misalnya, dari bentuk kaki. Kaki bangkong lebih pendek dari katak, dan tidak betul-betul berselaput. Kulitnya kasar berkutil dan cukup kering. Perbedaan lainnya, bangkong lebih banyak menghabiskan waktu di daratan kering.

FAKTA MENARIK:
·        Selama musim dingin katak berhibernasi (tidur panjang) di dalam lumpur atau di bawah bebatuan dan batang kayu, dan tidak akan bangun sampai musim panas atau musim semi tiba.
·        Katak terkecil berasal dari Brasil. Amfibi ini berukuran 9,8 milimeter.

0 komentar:

Post a Comment