KOMODO


Komodo (Varanus komodoensis) adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya dapat mencapai tiga meter, dengan berat antara 80 – 140 kilogram. Hewan ini mempunyai indera yang kuat dan dianggap sebagai reptile yang paling maju intelegensinya.
Komodo tergolong kelompok karnivora. Kadal buas ini memburu mangsa dengan mengendap diam-diam, lalu menyergapnya cepat. Binatang yang paling sering dimangsa komodo adalah semua jenis binatang yang dapat ditangkapnya, diantaranya rusa kecil, babi liar, dan kerbau.

Komodo dewasa memiliki cakar yang tajam di jari-jarinya yang berguna untuk mencengkram mangsa.  Selain kuat dan dapat mengoyak mangsa dengan cepat, gigitan komodo juga dapat menimbulkan infeksi mematikan bagi binatang atau manusia yang digigitnya. Itu dikarenakan air  liur komodo mengandung 50 jenis bakteri berbahaya.

Komodo termasuk satwa langka yang harus dilindungi keberadaannya. Jumlah reptile ini sekarang sekitar 6000 ekor saja. Di dunia komodo hanya terdapt di Nusa Tenggara Timur, Indonesia yaitu di Pulau Komodo dimana pulau ini ditetapkan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia pada tahun 2012 oleh yayasan New 7 WondersSelain di Pulau Komodo, komodo juga dapat dijumpai di Padar, Rinca, Gili Motang, dan Utara Flores.

FAKTA MENARIK :
·    Telur komodo biasanya dijaga oleh induknya. Uniknya, anak yang baru menetas tidak dijaga, justru sering dimakan.
·        Dalam seabad terakhir sudah lebih 12 orang tewas akibat digigit komodo.
·     Komodo dipercaya merupakan asal mula karakter naga, yang banyak terdapat dalam cerita dan dongeng rakyat Cina.


0 komentar:

Post a Comment