KUPU-KUPU


Kupu-kupu merupakan bangsa serangga Lepidoptera. Ada ribuan jenis kupu-kupu yang ada di muka bumi. Di Indonesia saja tidak kurang dari 2000 jenis kupu-kupu yang ada.

Penyebaran kupu-kupu sangat dipengaruhi  oleh factor lingkungan dan ketersediaan makanan. Lingkungan yang alami dan makanan yang cukup akan menambah populasi kupu-kupu di satu wilayah.

Ciri yang menarik dari hewan ini adalah sayap dan antenanya. Terkadang sayap kupu-kupu memiliki corak dan warna yang sangat menarik.

Warna yang ada pada sayap kupu-kupu terbentuk dari kumpulan sisik yang mengandung pigmen. Jenis kupu-kupu dengan sayap-sayapnya yang indah banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur, salah satunya adalah kupu-kupu burung (Birdwing) yang bentangan sayapnya mencapai 30 centimeter.

Untuk menghindari kepunahan kupu-kupu, orang membuat konservasi kupu-kupu. Di wilayah ini kupu-kupu bias hidup bebas tanpa gangguan manusia. Malah berbagai jenis tanaman sengaja ditanam agar beberapa jenis kupu-kupu bias bertahan hidup di sana.

FAKTA MENARIK:
·        Bangsa kupu-kupu diperkirakan sudah hidup di muka bumi sejak 200 juta tahun yang lalu. Dari sebuah fosil yang di temukan, diketahui kupu-kupu masa itu ada yang memiliki rentang sayap yang panjangnya 65 centimeter.


0 komentar:

Post a Comment