REPTIL DAN AMFIBI


Reptil dan amfibi merupakan dua kelas binatang yang berkerabat dekat. Uniknya, keduanya memiliki ciri berlawanan. Misalnya, amfibi berkulit halus dan basah, reptil berkulit kering dan bersisik.

Selain itu, ketika menetas, kebanyakan larva amfibi berada di air. Saat itu, mereka bernafas dengan insang, yang kemudian akan hilang ketika mereka tumbuh dewasa dan hidup di darat. Sedangkan reptil tidak mempunyai insang, dan ketika menetas anak reptil berada di atas tanah.

Amfibi
Amfibi adalah binatang yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Termasuk dalam kelas ini adalah katak, salamander, dan sesilia. Kalau amfibi kecil bernafas dengan insang, ketika dewasa amfibi bernafas dengan paru-paru. Dimana oksigen masuk melalui kulit menuju ke darah dan sebaliknya karbondioksida keluar dari kulit.

Reptil
Reptil merupakan binatang melata. Kebanyakan binatang dari kelas ini menggunakan indera penglihatan, penciuman, dan sentuhan untuk mengenali lingkungan, menangkap mangsa, dan menghindari dari bahaya. Beberapa contoh reptil diantaranya ular, kura-kura, buaya, iguana, komodo, dan kadal.
Reptil merupakan binatang berdarah dingin. Mereka menghangatkan tubuh dengan berjemur di matahari.