ELANG BOTAK


Elang Botak (Haliaetus Leucocephalus) merupakan salah satu jenis Elang yang terkenal. Elang asal Amerika Utara ini memiliki ciri yang khusus, yaitu bulu – bulu di bagian kepala dan ekor yang berwarna putih. Ciri khusus lainnya ialah, warna kuning cerah pada paruhnya.

Elang Botak biasanya hidup di daerah peraiaran, baik itu sungai maupun danau. Ini disebabkan Elang Botak hidup dengan memangsa berbagai jenis ikan yang hidup di wilayah seperti itu. Salah satu wilayah yang memiliki banyak Elang Botak ialah Alaska di Amerika Serikat. Mengapa demikian? Penyebabnya di wilayah ini terdapat banyak perairan yang kaya dengan ikan.

Elang Botak dikategorikan sebagai burung pemangsa. Ia memburu mangsanya dengan cara menyambar ikan – ikan yang muncul ke permukaan air. Setelah berhasil menyambar ikan dengan cakarnya. Elang Botak membawa hasil buruan itu ke tempat lain untuk memakannya. Paruh tajam Elang Botak yang berbentuk kail memudahkan ia mencabik – cabik mangsanya.

Secara umum burung Elang dianggap sebagai symbol kegagahan, kekuatan, dan kebebasan. Begitu pula dengan Elang Botak. Elang Botak dianggap sebagai hewan yang gagah, penuh kekuatan, dan membuat gentar hewan lainnya.

FAKTA MENARIK :

Elang Botak bisa terbang dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Sedangkan saat meluncur memburu mangsa bisa mencapai 120 kilometer per jam.

0 komentar:

Post a Comment