KURA – KURA GALAPAGOS

 
Kura – kura Galapagos ( Geochelone elephantopus ) ditemukan di kepulauan Galapagos, di wilayah Ekuador. Binatang ini merupakan kura –kura raksasa dan terbesar di antara jenis kura – kura lain. Dulu terdapat 14 jenis kura – kura Galapagos, tapi kini tersisa 11 jenis saja.
Seekor kura – kura Galapagos bisa mencapai  berat 225 kilogram, dengan panjang sampai 1,8 meter. Kura – kura ini hidup dengan memakan rumput – rumputan, daun, kaktus, dan buah – buahan.
Kura – kura Galapagos tidak pernah tergesa – gesa dalam hidupnya, bahkan cenderung lambat. Binatang ini baru bangun di jam 7 sampai 8 pagi dan sudah beristirahat sebelum matahari terbenam atau sekitar jam 5 soreh. Selama beberapa jam itu ia memakan rumput – rumputan dan tunas – tunas disekitarnya.
Selama abad 18 dan abad 19, kura – kura Galapagos banyak diburu manusia untuk dijadikan makanan pokok. Pertama kali ditemukan terdapat sekurangnya 250.000 ekor kura – kura di kepulauan Galapagos, kini jumlah itu kemungkinan tinggal  15.000 ekor saja.

Fakta Menarik :
  1. Harriet, kura – kura Galapagos betina yang dulu hidup di kebun binatang Australia, tercatat sebagai kura – kura Galapagos tertua. Binatang ini mati tahun 2006, di usia 176 tahun.
  2. Kura – kura Galapagos bisa bertahan hidup dengan posisi terbalik dan tanpa makanan hingga berminggu – minggu.
  3. Simbiosis mutualisme, kutu di tubuh kura – kura Galapagos merupakan makanan burung kutilang.

0 komentar:

Post a Comment