IGUANA HIJAU

Iguana hijau (iguana iguana) merupakan salah satu anggota keluarga Iguana (iguanidae). Reptil ini banyak ditemukan di Negara–Negara seperti Meksiko, Brasil bagian selatan, Paraguay, sampai Kepulauan Karibia.


Binatang yang termasuk kelompok kadal ini kebanyakan hidup di hutan hujan dan daerah lembab yang letaknya dekat dengan sungai, danau, atau sumber air lain. Bermodalkan jari dan kuku–kukunya yang panjang, binatang ini bisa kita temukan hidup di dahan –dahan pohon, yang tingginya 100 meteran dari permukaan tanah.
Iguana hijau dikenal sebagai binatang penyendiri yang menyukaikehidupan tenang. Binatang ini jarang sekali berinteraksi dengan binatang lain. Kalau sesekali kita melihatnya berkelompok, kemingkinan karena binatang–binatang itu sedang berjemur di panas matahari.
Iguana hijau memiliki beberapa cara untuk menghadapi pemangsa, seperti melarikan diri, menggertak balik dengan mengembangkan jumbai-jumbai di lehernya, atau dengan menggigit dan mencambukkan ekornya. Selain itu, jika dekat air, iguana hijau bisa melompat ke air dan berenang menjauh dari pemangsanya.
Fakta menarik :
Selain menggali satu liang untuk menyimpan telurnya, seekor iguana yang baru bertelurjuga menggali beberapa liang palsu guna mengelabuhi binatang yang ingin memakan telur-telurnya.

0 komentar:

Post a Comment